Berita seputar Medan dan sekitarnya

Pasangan di AS Temukan Harta Karun $10 Juta

Sepasang pria dan wanita dari California yang menemukan tumpukan koin emas bernilai $10 juta (Rp116 miliar) di properti mereka tahun lalu.
Koin yang berjumlah 1.427 keping itu berasal dari periode 1847-1894, tidak pernah diedarkan dan kondisinya baik, kata seorang kolektor dan pakar uang (numisnamis) David Hall kepada AP.
Temuan ini adalah temuan harta karun terbesar dalam sejarah AS.
“Kita sudah pernah melihat reruntuhan kapal yang membawa ribuan koin emas dengan kualitas tinggi, tapi harta karun yang terkubur seperti ini tidak pernah diketahui,” kata David McCarthy dari firma keuangan Kagin’s, yang menjadi penasihat pasangan itu kepada Reuters.
“Saya tidak pernah melihat nilai sebesar ini di Amerika Utara dan anda tidak pernah melihat koin dalam kondisi sebaik ini.”
Pasangan itu tinggal di pelosok California, yang dikenal sebagai Wilayah Emas, setelah ribuan pemburu emas datang ke kawasan itu pada abad ke-19.
Mereka menemukan koin itu di wilayah yang disebut Saddle Ridge, dan para pedagang koin yang sudah melihat koin itu menyebutnya Harta Saddle Ridge.
Misterinya adalah siapa yang mengubur koin-koin tersebut dan kenapa.
Pasangan itu berencana menjual koin mereka di Amazon.